Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
bisnis

Air Terjun Telun Berasap


Kerinci terkenal kaya akan objek wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Telun Berasap. Selain memberikan kesejukan, Air Terjun Telun Berasap juga memiliki cerita unik yang belum terpecahkan.
SUARA gemuruh air yang terhempas ke batu terdengar nyaring ketika sampai di kawasan perbatasan Kabupaten Solok, Sumatera Barat dengan Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci.

Kepenatan setelah menempuh perjalanan panjang sejauh 60 km dari pusat Kota Sungaipenuh, seakan terbayar dengan indahnya panorama alam di kawasan tersebut. Dari kejauhan terlihat jelas Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, dan deretan gunung tujuh yang terlihat menantang.

Tak jauh dari jalan raya, terdapat Air Terjun Telun Berasap yang menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Kerinci untuk menggaet wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Air terjun itu memiliki ketinggian sekitar 50 meter, bersumber dari air Danau Gunung Tujuh yang juga merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Sebagai bagian dari Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh, kehadiran Air Terjun Telun Berasap merupakan fantasi alam yang cukup menakjubkan. Masyarakat setempat memberikan nama Telun Berasap karena air terjun ini selalu diselimuti kabut asap, akibat air yang terhempas ke batu dan menguap.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang terjal. Di sepanjang anak tangga tersebut, terdapat pula pohon-pohon besar yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Jalan yang dilewati cukup menantang dan membutuhkan fisik yang prima. Tapi jangan takut, bagi pengunjung yang membutuhkan tempat beristirahat sudah disediakan tempat peristirahatan di sepanjang anak tangga.

Keunikan lainnya adalah, dibalik air terjun tersebut, konon katanya terdapat sebuah goa yang cukup luas. Namun sangat disayangkan, sampai saat ini belum ada satupun manusia yang berani memasuki goa tersebut lantaran derasnya air terjun.

Di sepanjang perjalanan menuju Telun Berasap, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan berbagai hasil pertanian, seperti perkebunan Teh Kayu Aro, perkebunan kulit manis, dan perkebunan rakyat lainnya, seperti kentang, kol, cabe, dan berbagai hasil pertanian lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar