Select Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
bisnis

Nokia Benamkan GPS Satelit Versi Navi

N5800, N5320, NX6 dan E72


Keberadaan fitur navigasi elektrik alias GPS saat ini sudah menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih sebuah gadget. Kondisi ini cukup dipahami oleh Nokia sehingga vendor asal Finlandia tersebut semakin gencar merilis ponsel yang telah dibekali dengan fitur canggih tersebut.
Ponsel rilisan Nokia yang telah dibekali fitur GPS baru-baru ini bukanlah ponsel tipe baru. Nokia lebih memilih membenamkan fitur GPS pada beberapa tipe ponsel lama seperti 5800 XM, 5320, E72 dan X6. Pada keempat tipe yang sudah dibekali dengan fitur GPS tersebut, Nokia menjulukinya dengan istilah Navi.
“Kali ini Nokia menghadirkan beberapa tipe ponsel high end dalam versi Navi. Di antaranya adalah ponsel layar sentuh seperti 5800, 5320 dan X6 serta ponsel
QWERTY E72. Versi Navi ini menonjolkan fitur GPS sebagai daya tariknya,” ujar Novi, Supervisor, Nokia Care Centre Cabang Jambi pada Jambi Ekspres, kemarin.
Novi menjelaskan, fitur GPS yang dibenamkan pada keempat ponsel ini bukan fitur GPS yang banyak dijumpai pada ponsel-ponsel lainnya. Khusus pada empat tipe ini, fitur GPS menggunakan satelit sebagai jaringannya dan bukan menggunakan GPRS.
Dengan menggunakan jaringan satelit, pengguna tidak membutuhkan pulsa untuk membuka layanan ini.
Untuk mengakses GPS satelit ini, pengguna masuk melalui Ovi Store dan memilih menu Ovi Map. Setelah itu map akan keluar dan pengguna bisa memilih peta mana yang ingin dilihatnya. Selain bisa melihat map, pada fitur ini, pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang telah tersedia.
”Di antaranya aplikasi LonelyPlanet untuk mencari tempat makan atau tempat wisata, serta Hungry GoWhere untuk mencari tempat makan di sekitar lokasi pengguna,” sambungnya.
Karena menggunakan jaringan satelit, pengguna harus rajin-rajin mengaktifkan fitur ini setiap hari meski tidak digunakan. Pasalnya jika tidak sering diaktifkan, maka kemampuan ponsle untuk menangkap sinyal satelit akan berkurang. Sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, pengaktifannya bisa membutuhkan waktu yang lama.
”Ibaratanya adalah untuk membiasakan kerja ponsel terhubung dengan sinyal satelit. Karena itu, disarankan untuk sering-sering mengaktifkan layanan ini meski tidak digunakan,” kata Novi.
Selain menambahkan dengan fitur GPS satelit, pada versi Navi ini Nokia juga menyertakan Car Holder. Fungsinya untuk mempermudah pengguna melihat map pada saat menjalankan mobil. Dengan Car Holder, pengguna tidak perlu repot-repot lagi memegang ponsel ketika sedang menjalankan mobil dan mencari lokasi.
Sementara itu, karena didukung dengan teknologi yang lebih canggih dan tambahan aksesoris, Nokia menghadirkan ponsel-ponsel versi Navi ini dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan versi lama.

0 komentar:

Posting Komentar